PENGEMBANGAN DAYA SAING UMKM INDUSTRI SEPATU CIBADUYUT DENGAN PENDEKATAN ANALISA SWOT DAN MODEL DIAMOND PORTER

Adi Candra, Edy Supryadi, Revino Revino

Sari


Pada era globalisasi, tantangan besar yang dihadapi setiap perusahaan adalah dampak globalisasi, kompetisi dan strategi.Banyak kendala yang dihadapi UMKM dalam menghadapi persaingan berdasarkan laporan Dinas koperasi dan UKM.Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor dominan dalam operasional industri UMKM untuk mengembangkan daya saing dan menyusun strategi bersaing.Metode penelitian adalah analisis deskriptif eksploratif melalui survei kuisioner dengan pendekatan Diamond Porter Modeling dan Analisa SWOT. Variable penelitian ini ialah Faktor Kondisi, Faktor Permintaan, Industri Pendukung dan Terkait, Strategi Perusahaan dan Strurkur Persaingan. Data diolah dengan metode SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square) dan hasil dari output SEM kemudian dilakukan analisis SWOT untuk menentukan strategi. Hasil Penelitian melalui SEM Terdapat Empat Variable berpengaruh signifikan terhadap pengembangan Daya Saing yaitu faktor Kondisi dengan nilai Signifikan 3.505.043 dan nilai koefisien jalur 0.661503 , Kondisi Permintaan, dengan nilai Signifikan yaitu 2.524.661 dan nilai koefisien jalur -0.249000 Strategi perusahaan dan struktur Persaingan dengan nilai Signifikan yaitu 2.392.017 dan nilai koefisien jalur 0.469853 , serta Industri Pendukung dan terkait dengan nilai Signifikan yaitu 2,767677 dan nilai koefisien jalur 0.021301 Ini berarti bahwa jika keempat Faktor perusahaan ditingkatkan lebih maksimal lagi maka, akan mempengaruhi pengembangan Daya Saing pada UMKM sepatu Cibaduyut., kemudian dari rancangan Analisa SWOT terdapat beberapa strategi untuk mengembangkan daya saing UMKM.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.