PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN MEMPERCEPAT WAKTU SETUP MESIN MENGGUNAKAN METODESINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) UNTUK MEMPERTAHANKAN MARKET LEADER (STUDI KASUS DI PT. HI-LEX PARTS INDONESIA)

Agus Taufik, Revino Revino, Edy Supryadi

Sari


PT. Hi-lex Parts indonesia adalah sebuah perusahaan komponen kabel transmisi, yang memproduksi komponen untuk dijadikan kabel transmisi motor maupun mobil. PT Hi-lex Parts Indonesia membuat produk komponen kabel transmisi dengan mesin utama yaitu mesin former. Kendala yang dihadapi oleh PT Hi-lex Parts Indonesia adalah keterlambatan dalam penyelesaian produksi komponen tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Keterlambatan dalam beberapa departemen mengakibatkan waktu penyelesaian yang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, yang diakibatkan dari keterlambatan suplai dari mesin former.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengurangi waktu setup mesin sehingga dapat memaksimalkan kapasitas produksi Pengurangan waktu setup dapat dilakukan dengan menggunakan metode Single-Minute Exchange of Die (SMED). Metode SMED memisahkan kegiatan setup menjadi dua, yaitu internal set-up dan eksternal setup. Internal setup merupakan kegiatan setup yang hanya dapat dilakukan pada saat mesin berhenti. Eksternal setup merupakan kegiatan setup yang dapat dilakukan pada saat mesin sedang berjalan atau beroperasi.
Dengan mengubah internal setup menjadi eksternal setup, maka kegiatan setup yang dilakukan pada saat mesin berhenti dapat dilakukan pada saat mesin berjalan sehingga waktu setup dapat berkurang. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode SMED, waktu setup mengalami penurunan rata-rata sebesar 25% dan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 11%. Waktu setup setelah penerapan metode SMED menyingkat waktu 177,7 jam atau setara dengan 22 hari kerja dalam setahun.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.