IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN FITUR YANG SERING DILAKUKAN OLEH MAHASIWA PADA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Iqbal Gibran, Rivki Maulana

Sari


berbagai macam fitur pada sosial media beberapa pengguna hanya menggunakan beberapa fitur saja, sehingga pada penelitian ini dipilih beberapa fitur dipilih berdasarkan kegiatan yang sering di lakukan pada media sosial yaitu mengirim pesan, menyukai kiriman, komentar pada kiriman, update status, main game, membaca berita, berbelanja, berjualan, mencari pekerjaan, menambah teman, membuat grup dan menonton video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur apa yang sering digunakan pengguna media sosial pada lingkungan Mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu Algoritma Apriori dan teknik Asosiasi Mining. Terdapat dua cara pengukuran kekuatan kombinasi yaitu support dan confidence. Dari kedua pengukuran ini diperoleh aturan asosiasi akhir (Association Rule). Penelitian ini memperoleh hasil, bahwa ada 3 fitur utama pada media sosial yang memiliki asosiasi kuat yang merupakan hasil perkalian antara keduanya. Penelitian ini memperoleh hasil asosiasi akhir dengan 2 aturan yang terdiri dari 2 kombinasi fitur (item) yaitu : confidence 47,36 % jika Mengirim Pesan, Maka Menyukai Kiriman; confidence 40,21 % jika Mengirim Pesan, Maka Membaca berita.
Kata kunci: media komunikasi, media sosial, internet, fitur, algoritma apriori, assosiasi akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.