IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KOMBINASI FITUR PEMILIHAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Fairuz Astari Devianty, Desti Fitriati

Sari


Smartphone saat ini merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh manusia. Fitur dalam smartphone merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh konsumen dalam memilih smartphone. Sehingga dibutuhkannya pengecekkan fitur apa saja yang diperhatikan oleh konsumen. Untuk menentukan ini hal pertama yang dilakukan adalah menyesuaikan dengan target pemasarannya agar smartphone yang dijual dapat laku dipasaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka digunakan teknik asosiasi pada data mining untuk menggali informasi yang tersimpan dalam perilaku pengguna. Asosiasi dilakukan untuk mencari hubungan kuat pada fitur-fitur yang ada, agar produsen tidak akan rugi. Dalam penelitian ini target pemasaran yang dipilih adalah mahasiswa dan menggunakan algoritma Apriori sebagai teknik asosiasinya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kriteria yang diminati oleh mahasiswa dan mahasiswi. Namun dari hasil penelitian diketahui bahwa dominasi terbesar ditempati oleh mahasiswa yaitu dengan nilai asosiasi akhir sebesar 42,25%, dimana hanya terdapat 2 kombinasi item set saja yaitu kamera belakang 2 lensa dan merk prosesor Snap dragon. Asosiasi akhir tertinggi adalah : 42,25% Jika ingin smartphone yang memiliki kamera belakang 2 lensa, maka ingin smartphone yang memiliki merk prosesor Snap dragon; dan 36% Jika ingin memiliki smartphone dengan kamera belakang 2 lensa, maka smartphone tersebut untuk Pria.
Kata kunci: Smartphone, Data Mining, Teknik Asosiasi, Algoritma Apriori, Association Rule.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.