ANALISA KERUSAKAN PISTON MESIN DIESEL POMPA BANJIR DAN OPTIMASI SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN
Sari
Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menyiagakan 144 (seratus empat puluh empat) rumah pompa yang melintasi kali Ciliwung. Selain menyiagakan rumah-rumah pompa, DKI Jakarta juga menyiapkan 133 (seratus tiga puluh tiga) pompa portable (mobile) yang tersebar di 5 (lima) wilayah kota administratif. Dari informasi yang diperoleh diketahui bahwa bulan Januari 2018 telah terjadi kerusakan pada piston mesin diesel 1103 Series, penggerak Generator 50 kVA, 36 kW yang beroperasi di pompa banjir wilayah Jakarta. Diidentifikasi faktor penyebab kerusakan adalah diawali adanya indikasi temperatur tinggi pada dinding silinder yang mengakibatkan piston tidak bergerak (stuck) akibat dari kurangnya pelumasan dalam cylinder blockPenelitian ini akan mengidentifikasi faktor penyebab kerusakan yang terjadi pada mesin diesel pompa banjir di Jakarta Barat, menganalisa kerusakan piston mesin diesel pompa banjir, menentukan tindakan pencegahan dan menentukan teknik pemeliharaan untuk menghindari kerusakan yang sama pada piston mesin diesel pompa banjir tersebut, & menganalisa sistem manajemen pemeliharaan yang diterapkan pada mesin diesel tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan proses tahapan pengujian: makroskopik, matelografi, analisa komposisi kimia, kekerasan, SEM (Scaning Electron Macroscopy) yang dilengkapi dengan analisa EDXS (Energy Dispersive X-ray Spectroscopy), oli bekas (Schedule Oil Sampling).
Dari hasil pembahasan, diperoleh faktor penyebab kerusakan piston mesin diesel pompa banjir yang sangat berpengaruh,dengan dilakukannya pengujian: 1) metalografi diperoleh struktur mikro piston berupa aluminium dendrite yang menandakan piston mengalami local melting yang mengakibatkan local overheating;2). viskositas (kekentalan) oli bekas didapat: TBN (Total Base Number) pada oli sedikit rendah, oksidasi sedikit di atas normal karena pembakaran yang kurang sempurna, adanya kenaikan (selisih) pada unsur Fe dan Cu pada oli bekas yaitu sebesar 9 ppm dan 3 ppm, di mana jika kandungan Fe > akan mengakibatkan kerusakan LinerCylinder Block& piston & apabila Cu > akan mengakibatkan kerusakan pada bearing.
Dari hasil penelitian ini perlu adanya optimasi sistem manajemen pemeliharaan yaitu: 1) melaksanakan Standard Operation Procedure mesin diesel (Pemeriksaan: bahan bakar, air radiator, air ACCU, oli mesin, kabel R-S-T-N, kabel ACCU, dan lain-lain); 2). melakukan pemeliharaan prediktif terhadap komponen mesin diesel (Pemeliharaan sistem: aliran bahan bakar, pelumasan, udara masuk dan buang, pendinginan, starting system); 3). melakukan pemeliharaan prepentif (pemeriksaan: daily, 250, 500, 1000, 2000, 3000, 4000, 6000, 8000 dan 12000 jam).
Kata Kunci : Kerusakan, Pompa, Mesin Diesel, Piston, Viskositas, Manajemen Pemeliharaan.
Dari hasil pembahasan, diperoleh faktor penyebab kerusakan piston mesin diesel pompa banjir yang sangat berpengaruh,dengan dilakukannya pengujian: 1) metalografi diperoleh struktur mikro piston berupa aluminium dendrite yang menandakan piston mengalami local melting yang mengakibatkan local overheating;2). viskositas (kekentalan) oli bekas didapat: TBN (Total Base Number) pada oli sedikit rendah, oksidasi sedikit di atas normal karena pembakaran yang kurang sempurna, adanya kenaikan (selisih) pada unsur Fe dan Cu pada oli bekas yaitu sebesar 9 ppm dan 3 ppm, di mana jika kandungan Fe > akan mengakibatkan kerusakan LinerCylinder Block& piston & apabila Cu > akan mengakibatkan kerusakan pada bearing.
Dari hasil penelitian ini perlu adanya optimasi sistem manajemen pemeliharaan yaitu: 1) melaksanakan Standard Operation Procedure mesin diesel (Pemeriksaan: bahan bakar, air radiator, air ACCU, oli mesin, kabel R-S-T-N, kabel ACCU, dan lain-lain); 2). melakukan pemeliharaan prediktif terhadap komponen mesin diesel (Pemeliharaan sistem: aliran bahan bakar, pelumasan, udara masuk dan buang, pendinginan, starting system); 3). melakukan pemeliharaan prepentif (pemeriksaan: daily, 250, 500, 1000, 2000, 3000, 4000, 6000, 8000 dan 12000 jam).
Kata Kunci : Kerusakan, Pompa, Mesin Diesel, Piston, Viskositas, Manajemen Pemeliharaan.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.